Feeds RSS
Feeds RSS

Tuesday, April 14, 2009

Mencintai dengan Komunikasi

"Witing Tresno Jalaran Songko Kulino"
Jatuh Cinta Karena Sering Bertemu...Peribahasa dalam sastra Jawa kuno yang sederhana namun masih sangat relevan dengan keadaan sekarang. Siapa yang bisa jatuh cinta hanya karena perjumpaan yang sesaat, walau sekarang ada pepatah yang mengatakan Cinta Pandangan Pertama namun pasti ada pertemuan yang instens setalah itu. Itulah yang namanya awal permulaan cinta, dengan seringnya berjumpa maka semakin banyak informasi yang didapat mengenai pujaan hati. Akan terasa sangat menyesakkan dada ketika keinginan untuk berjumpa tertahan, dan itulah yang dinamakan rindu. Mungkin sehari seminggu masih dapat bertahan dalam terpisah dengan jarak pada sang kekasih, namun sehari atau seminggu itu terasa sebulan bahkan setahun. Untuk melepas kerinduan itu maka berbagai cara dilakukan, biarlah hanya suara yang didapat namun itulah obat kerinduan yang paling mujarab. Walau hanya dengan suara cintapun bukan makin redup namun makin menggelora membakar rindu didada.

Maka tak jauh berbeda dengan cinta kepada Allah Jalla Wa 'Alaa dan Rasulullah SAW, cinta hanya dapat ditumbuhkan dengan perjumpaan ataupun komunikasi yang instens. Yang menjadi pertanyaan dengan apa kita berkomunikasi dengan Allah Jalla Wa 'Alaa atau Rasulullah SAW sang pujaan hati?. Banyak sarana dan cara untuk menjadikan cinta pada Nya lebih membakar diri ini, ibadah-ibadah yang ada adalah sarana dan cara untuk melakukan komunikasi dengan Sang Khaliq dan Sang Khatimul Ambiyaa.

Shalat adalah cara bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan Allah Jalla Wa 'Alaa, bukan hanya shalat caranya, tilawah dan berdo'a adalah komunikasi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan cinta dan kedekatan denganNya. Berbicaralah denganNya untuk menghilangkan rindumu dengan Nya, berkeluh kesahlah dengan Nya untuk mendapat perhatian denganNya. Dan inilah bedanya antara Allah Jalla Wa 'Alaa dengan makhlukNya, bila ada manusia menjadi tempat berkeluh kesah maka ia akan membenci temannya itu yang selalu berkeluh kesah, berbeda dengan Allah Jalla Wa 'Alaa, yang makin mencintai hambaNya apabila hambaNya makin sering berkeluh kesah denganNya.

Baca riwayat Nabi Muhammad SAW, maka kita akan mengetahui perjalanan hidupnya, perjalanan dakwahnya dan perjalanan kehidupan dalam mencintai ummatnya. Bagindalah satu-satunya yang mencintai ummatnya walau beliau belum pernah berjumpa dengan ummatnya. Rasulullah SAW tak menamakan orang yang ada disekelilingnya semasa beliau ada dengan Saudara, tetapi dinamakan Sahabat. Maka siapa yang dimaksud dalam sabda beliau " aku rindu dengan saudara-saudaraku ", Rasul mengatakan " Saudaraku adalah ummatku yang mencintaiku walaupun mereka tak pernah bertemu denganku " .Begitu besar rindu beliau kepada ummatnya, ummatnya yang ada saat ini, ummatnya yang terbentang jarak selama 14 abad. Lalu siapa sebenarnya yang mencintai? Rasulullah SAW kan yang mencintai umatnya atau ummatnya yang mencintai Beliau?. Yang pasti sangat berat kecintaan seseorang apabila merindukan seseorang yang belum pernah berjumpa, dan cinta ini tak akan ada diantara dua manusia biasa, melainkan Rasulullah dan ummatnya. Pantaslah imbalan dari mencintai beliau adalah akan dikumpulkan dalam syurga Allah Jalla Wa 'Alaa dengan Baginda didekat telaga Haudh. Namun mencintai beliau bukan hanya perasaan cinta yang tanpa bukti, dituntut bukti yang nyata akan kecintaan kepada Rasulullah SAW yaitu menjalankan Sunnah Rasul.

Yaa Raahman Yaa Raahiim, Berikanlah kami cinta yang selembut sutera, seputih salju dan sekuat baja kepada Mu dan Rasul Mu. Balikan hati kami pada kecenderungan mencintai kebaikan dan kebenaran, Buat hati ini membenci kebathilan dan kemaksiatan. Yaa Raahman Ya Raahiim berikan cinta yang tak pernah redup kepada kami, mencintai kepada sesama muslim dan muslimat dalam kerangka ukhuwah islamiyah..Aamiin...

0 komentar: